Kamis, 12 April 2012

Sejarah dan Perkembangan

Mau Posting Kegiatan Panitia tapi koq belum ada yang mau dilaporkan selain dari pengumpulan daftar siswa alumni 1991, mending kita perlu tahu Sejarah, perkembagan, Visi dan Misi Sekolah kebanggaan kita (diambil dari situs resmi SMA N 2 Wonogiri http://sman2-wng.sch.id)


SAAT-SAAT BERDIRINYA

Atas prakarsa menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bp. Mashuri, SH pada tahun 1973 beliau mendirikan unit-unit sekolah baru yang diberi nama SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pernbangunan) di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah dibuka 6 SMPP yaitu : di Kabupaten Brebes, Kodya Purwokerto, Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Purwodadi, Kodya Surakarta dan Kabupaten Wonogiri. Pendirian SMPP di Wonogiri bersama dengan SMPP lainnya di seluruh Indonesia berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0256/0/1973 tanggal 18 Desember 1973. Gedung SMPP di Wonogiri dibangun pada area seluas 4,3 Ha yang dahulunya merupakan lahan Perhutani kemudian alih tukar dengan Pemda Wonogiri dan menjadi wilayah pemerintah Daerah Wonogiri, tepatnya sekarang di kelurahan Wonokarto, kecamatan Wonogiri.

Pertama-tama SMPP Wonogiri diampu dan diasuh oleh guru-guru SMA Negeri 1 Wonogiri. Pada bulan Januari 1974 baru dilaksanakan penerimaan siswa baru. Pada tahun ajaran pertama (1974) SMPP menerima siswa sebanyak 2 kelas sebanyak 80 anak dan semenjak tanggal 3 Januari 1974 dinyatakan sebagai hari jadi SMPP. Selanjutnya pada tahun 1976 secara resmi SMPP dilepas dari asuhan SMA Negeri 1 Wonogiri dan berdiri sendiri dengan Kepala Sekolah Bp. Soejono.

Pada tahun 1985 sewaktu kepala SMPP dijabat Bp. Sihiman, BA nama SMPP diubah menjadi SMA Negeri 2 Wonogiri berdasarkan SK menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0353/01985 tanggal 9 Agustus 1985.

PERKEMBANGANNYA

Perkembangan SMA Negeri 2 Wonogiri, semakin pesat dengan bangunan yang bergengsi untuk mengimbangi luas tanah dan kebutuhan masyarakat dunia pendidikan. Pembangunan-pembangunan tersebut berjalan lancar baik atas bantuan pemerintah dan adanya partisipasi masyarakat melalui BP3-nya, seperti sarana-sarana fisik maupun sarana prasarana lainnya seperti Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium Multimedia Lapangan Olahraga, Hotspot Area, Aplikasi PAS dsb.

SMA Negeri 2 Wonogiri yang sekarang telah berusia 36 tahun. Dalam usia ini, SMA Negeri 2 telah mendapat kepercayaan untuk melaksanakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Hasil evaluasi program kerja RSBI untuk tahun 2007-2008 adalah B, sedangkan hasil akreditasi oleh badan akreditasi nasional tahun 2007, 2008 dan 2009 adalah A.

Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa tetap berkenan melimpahkan taufik dan hidayahNya kepada kita sekalian . Amien.


VISI

Mewujudkan insan yang beriman dan bertaqwa berkepribadian nasional cerdas intelektual dan emosional serta mampu berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional

MISI

1. Membina iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menanamkan nilai-nilai luhur 
    budaya bangsa dalam kesatuan Bhineka Tunggal Ika
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi yang berwawasan 
    internasional
3. Mengembangkan bakat dan minat siswa sebagai unggulan sekolah pada tingkat nasional 
    maupun internasional
4. Mengembangkan kultur sekolah berorientasi pada standar internasional.

IDENTITAS

Nama : SMA Negeri 2 Wonogiri
Alamat : Jalan Nakula V Wonokarto Wonogiri
Kode Pos : 57612
Telp : (0273) 321385
Fax : (0273) 321385
email :sman2_giri@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar